Sabtu, 25 Oktober 2014 | 20:24 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kondisi Gunung Lokon Kritis
Headline
infoindo.com
Oleh: Ajat M Fajar
nasional - Selasa, 24 April 2012 | 03:11 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Kondisi Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meningkat. Bahkan kondisi Gunung Lokon saat ini cukup menghawatirkan.

Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) aktivitas Gunung Lokon mengalami peningkata.

"Kepala PVMBG menyampaikan bahwa kondisi Gunung Lokon kritis karena adanya peningkatan aktivitas. Siaga Lokon (Kota Tomohon, Sulut) Tanggal 23-04-2012 pukul 18.00-20.00 WITA," ujar Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Lebih lanjut, Sutopo menambahkan, berdasarkan data sismik yang diperoleh BNPB telah menunjukkan telah terjadi satu kali gempa tektonik jauh, dua gempa tektonik lokal, 13 kali gempa vulkanik dalam dan sekira 50 kali gempa vulkanik dangkal.

"Peningkatan aktivitas Gunung Lokon masih berlangsung, jika peningkatan aktivitas terus seperti ini, Lokon akan masuk situasi kritis yang berpotensi besar diikuti letusan. Agar BPBD Kota Tomohon dan BPBD Provinsi Sulut mengikuti rekomendasi teknis yang telah diberikan yakni tidak ada kegiatan masyarakat dalam radius 2.5 km dari kawah Tompaluan," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mengatakan aktivitas gunung Lokon di kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat akivitasnya. Bahkan sampai malam ini statusnya sudah mencapai siaga III.

"Kepala PVMBG Badan Geologi telah menyampaikan surat kepada Kepala BNPB dan Kepala BPBD Sulawesi Utara terkait peningkatan aktivitas Gunung Lokon. Gunung Lokon terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulut pada tanggal 23/04/12 pukul 12:00-18:00 WITA terus meningkat," ujar Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Menurutnya, dalam laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan visual keadaan gunung Lokon yang dalam kondisi terakhir sudah terlihat asap pitih yang keluar dari kawah gunung dengan tinggi sekira 50 meter.

Selain asap yang keluar dari kawah gunung, dalam laporan itu tercatat telah terjadi tiga kali gempa tektonik, 11 kali gempa vulkanik. Gempa vulkanik dangkal tercatat 34 kali, tiga kali gempa hembusan asap dan getaran tremor vulkanik menerus amplituda maximum 4milimeter.

"Peningkatan kegempaan tercatat sejak pukul 16:00 WITA sampai dengan sekarang. Jika peningkatan terus berlangsung, berpotensi diikuti oleh letusan Gunung Lokon," jelasnya.[jat]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER