Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:34 WIB

Jhonny Allen dan Emir Moeis Mangkir

Oleh : Santi Andriani | Sabtu, 21 April 2012 | 02:05 WIB
Jhonny Allen dan Emir Moeis Mangkir
Emir Moeis-Jhonny Allen Marbun - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Dua anggota DPR RI, Jhonny Allen Marbun dan Emir Moeis mangkir dari panggilan pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kemenakertrans tahun 2008.

"Keduanya tidak datang dan tidak memberikan keterangan," sebut Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, Jumat (20/4/2012).

Jhonny yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dan Emir dari Fraksi PDIP diduga terlibat dalam kasus yang menyeret istri M Nazaruddin, Neneng Sriwahyuni sebagai tersangka. Namun belum diketahui secara pasti apa peranan keduanya dalam kasus ini. Yang diketahui saat proyek ini terjadi, keduanya menjabat sebagai anggota Panitia Anggaran di DPR RI.

Pada proyek PLTS di Kemenakertrans, Neneng diduga menjadi perantara untuk memenangkan PT Alfindo sebagai rekanan. Proyek senilai Rp8,9 miliar lantas dimenangkan oleh PT Alfindo yang kemudian disubkontrak kepada beberapa perusahaan lain termasuk PT.Sundaya.

KPK menemukan kerugian keuangan negara sebanyak Rp3,8 miliar dalam proyek yang dibiayai oleh APBN tahun 2008 ini. Neneng diumumkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan PLTS di Kemenakertrans tepat dihari penahanan suaminya, Nazaruddin pada 14 Agustus 2011.

Neneng yang kini buron sempat dikabarkan ikut mendampingi Nazaruddin dalam masa pelarian di Kolombia. Saat ini ia diduga tengah bersembunyi di daerah perbatasan Malaysia. [gus]

Komentar

 
x