Jumat, 28 November 2014 | 22:41 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Berita Gempa Aceh Jadi Sorotan Dunia
Headline
bmkg.co.id
Oleh: Dani Febrian Alzamendi
nasional - Rabu, 11 April 2012 | 18:07 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Kabar gempa di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Rabu (11/4) petang menjadi perhatian dunia. Sejumlah situs berita dunia menjadikan berita ini sebagai breaking news.

Situs berita dailymail.co.uk misalnya menjadikan pengumuman peringatan tsunami yang tertulis sebesar 8,7 skala richter di perairan lepas pantai Sumatera itu sebagai breaking news. Situs ini juga mengaitkan gempa besar ini dengan kunjungan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Cameron mengunjungi ibukota negara, Jakarta, yang berada 1.600 km sebelah selatan-timur provinsi tersebut. Seorang pejabat di Indonesia yang Meteorologi dan Geofisika mengatakan peringatan tsunami telah dikeluarkan.

Gempa ini mengingatkan peristiwa besar serupa di NAD yang disusul dengan tsunami parah pada 2004 silam. Saat itu NAD digoyang 9,1 skala Richter dan mengakibatkan korban tsunami 230.000 orang.

Situs berita aljazeera.com memuat judul berita Samudera Indonesia mendapat peringatan tsunami setelah gempa besar di NAD. Situ ini juga memberitakan warga Banda Aceh melompat ke mobil dan sepeda motor untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Kepanikan melanda warga di sekitar pantai.

Aljazeera juga memberitakan, statemen dari AS Pasifik Tsunami Warning Center yang mengaku belum bisa memastikan gelombang raksasa akibat gempa tersebut. "Gempa bumi sebesar ini memiliki potensi untuk menghasilkan tsunami destruktif luas yang dapat mempengaruhi garis pantai di cekungan Samudra seluruh India," katanya.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan di Samudra Hindia secara keseluruhan termasuk Australia, Pakistan, Somalia, Madagaskar, dan banyak negara lain, tulis kantor berita tersebut. Juga dikutip pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengatakan belum menerima laporan kerusakan dari gempa Aceh.

Situs reuters.com juga menjadikan berita gempa di sepanjang pantai Sumatera itu sebagai headline. Kantor berita ini mengungkapkan, warga sekitar kawasan itu keluar dari rumah mereka dan kantor dalam keadaan panik dan takut.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan peringatan tsunami berlaku untuk seluruh Samudera Hindia dan masing-masing negara, termasuk Thailand, Indonesia, Sri Lanka dan India.

Sedangkan Huffington Post memberitakan kepanikan melanda warga Banda Aceh setelah munculnya peringatan tsunami. Situs ini mengutip keterangan Said, seorang pejabat Indonesia di Meteorologi dan Geofisika bahwa peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk kota-kota di sepanjang pantai pulau Sumatera.

Huffington Post juga memberitakan, getaran gempa terasa sampai ke Singapura, Thailand, Bangladesh, Malaysia dan India. Gedung-gedung tinggi apartemen dan kantor-kantor di Malaysia mengguncang pantai barat paling sedikit satu menit. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
28 Komentar
farez
Jumat, 11 Januari 2013 | 00:27 WIB
Banyak di Indonesia yang membuat maksiat dan perilaku buruk. Allah memberi peringatan kepada provinsi Aceh di mana agar Indonesia sadar bahwa orang yang baik Allah akan segera mengambilnya. Tapi bagi mereka yang bersikap buruk Allah memberi peringatan dan kesempatan bagi mereka untuk bertobat. Bertobatlah Indonesia agar Aceh aman,secara agama. Tetapi secara Teknologi ini Berdasarkan pertemuan Lempeng.
aceh
Kamis, 31 Mei 2012 | 16:16 WIB
semoga aceh cepat merdeka
Rai
Jumat, 13 April 2012 | 19:30 WIB
Allah segalanya dan maha kuasa.hanya kehendaknya dan kita manusia hanya perlu berserah diri dari naungannya.
fadil
Jumat, 13 April 2012 | 16:48 WIB
Alhamdulillah... ini adlh s'buah pringatan
ali macau
Jumat, 13 April 2012 | 16:11 WIB
aku mendoakan agar masyarakat yang ada di aceh selalu bersabar dalam menghadapi cobaan ini !!!!
Jefri Rizal
Jumat, 13 April 2012 | 08:32 WIB
RAkyat tak bersalah ikut jadi korban,apa lagi sang bayi yang masih suci yang tak tahu apa2 ,ikut jadi korban,kasihaaaaaan
Jefri Rizal
Jumat, 13 April 2012 | 08:26 WIB
Allah lagi menunjukan KebesaranNYA,Apakah warga setempat sadar bahwasanya Allah itu bisa berbuat sekehendak hatinya.
abd latif
Kamis, 12 April 2012 | 16:15 WIB
Semoga Saudara kita di Aceh tetap sabar menghadapi cobaan ini dan semakin meningkatkan keimanannya.
djalaluddin lubis
Kamis, 12 April 2012 | 13:17 WIB
Para Pemimpin di NAD,sadar dan bertobatlah,jangan sampai terjadi lagi malapetaka/azab dari Allah SWT seperti tahun 2004 yg lalu
Yusupov
Kamis, 12 April 2012 | 12:50 WIB
diantara bermacam hikmah dibalik teguran Allah ini bukan saja sekedar karena maksiat termasuk korupsi yang sudah luar biasa untuk sebuah negeri bersyari'ah, kami yakin juga insya Allah untuk mengingatkan dunia bahwa Aceh itu MASIH ADA. Perhatikan dan bantulah mereka dengan baik.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER