Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 03:42 WIB

Marzuki Alie

Satu-satunya Ketua DPR Khutbah Salat Jumat

Oleh : R Ferdian Andi R | Minggu, 11 Maret 2012 | 02:05 WIB
Satu-satunya Ketua DPR Khutbah Salat Jumat
Ketua DPR Marzuki Alie - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua DPR Marzuki Alie menjadi satu-satunya Ketua DPR RI sepanjang sejarah yang menjadi khatib salat jumat di masjid Baiturrahman, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Salat Jumat (9/3/2012) menjadi kali kedua bagi Ketua DPR RI Marzuki Alie menjadi khatib di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Karena, sebelumnya, Marzuki juga pernah didapuk menjadi khatib salat jumat.

Saat usai menjadi khatib salat jumat, Marzuki Alie yang memakai busana baju koko dan berkalung sorban warna putih disalami sejumlah jamaah, tak terkecuali para jurnalis. Tak segan, sejumlah jamaah mencium tangan Marzuki Alie. "Seperti kyai nih Ketua DPR," celetuk jurnalis saat menyalami Marzuki Alie.

Dalam khutbah salat jumat, Marzuki Alie menyinggung soal sikap yang tidak terpuji dilakukan yakni sombong. Dia menyebutkan, manusia harus bersikap rendah hati, tidak merasa hebat, termasuk membangga-banggakan diri.

Ketika disinggung siapa yang merancang materi khutbah, Marzuki Alie menyebutkan timnya yang membuat materi khutbahnya. Hanya saja, Marzuki mengatakan materi tetap dalam kontrol dia. "Kalau ayat al-Quran tidak cocok, saya minta diubah," akunya.

Hingga saat ini, Marzuki Alie menjadi satu-satunya pimpinan lembaga tinggi negara di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta yang khotbah jumat. Pimpinan lainnya yakni Ketua MPR RI Taufiq Kiemas dan Ketua DPD RI Irman Gusman.

Menurut Marzuki Alie, dirinya juga termasuk satu-satunya Ketua DPR sepanjang sejarah parlemen yang menjadi khatib salat jumat di masjid Baiturrahman, Komplek, Parlemen, Senayan, Jakarta. "Sepanjang sejarah DPR, baru saya yang menjadi khatib di DPR. Ini menurut informasi pengurus masjid," pungkas Marzuki. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x