Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 14:02 WIB

Kandidat Presiden 2014 Belum Memunculkan Harapan

Oleh : R Ferdian Andi R | Jumat, 24 Februari 2012 | 21:23 WIB
Kandidat Presiden 2014 Belum Memunculkan Harapan
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Saiful Mujani - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Nama kandidat presiden yang belakangan beredar dinilai memiliki integritas yang rendah. Harus ada calon presiden alternatif yang memberikan harapan perubahan pasca-Pemilu 2014. Nama-nama yang kini muncul belum memberikan harapan.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Saiful Mujani menyebutkan dari hasil riset LSI awal Februari mengungkapkan dari tiga nama kandidat yang muncul yakni Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie dan Hatta Rajasa, kriteria bersih yang berarti memiliki integritas tidak banyak dimiliki oleh ketiga calon tersebut.

"Prabowo Subianto dinilai publik hanya 38 persen, Aburizal Bakrie 34 persen, dan Hatta Rajasa 41 persen," ujarnya dalam diskusi Perspektif Indonesia "Premanisme Politik di Jagad Nasional" di gedung DPD RI, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (24/2/2012).

Saiful menyebutkan nama-nama yang muncul bisa disebut tidak memikiki integritas. Seharusnya, kata Saiful, kriteria integritas capres melampui batas 50 persen ke atas agar publik lebih optimistis. "Bahkan di kalangan aktivis, di antara nama-nama tersebut dilabeli sebagai preman. Artinya ini warning bagi kita semua bahwa belum ditemukan putra terbaik," kata Saiful.

Dia menyebutkan isu krusial sekaligus sentral selama dua tahun terakhir ini terkait dengan praktik korupsi. Oleh karenanya, Saiful menyebutkan kriteria bersih dan memiliki integritas harus dimiliki oleh kandidat presiden. "Harus kita pastikan yang maju bersih, tidak ada indikasi kroni, tidak punya cacat moral," urai Saiful.

Meski demikian, Saiful optimistis jika elemen masyarakat termasuk media serius mencari pemimpin alternatif selain nama-nama tersebut masih ada peluang selama 2,5 tahun ke depan. "Namun jika hingga akhir 2012 tidak muncul, ya nama-nama tadi yang akan maju dalam Pilpres 2014," timpal Saiful.

Ia berharap, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat yang hingga saat ini belum menentukan calonnya agat dapat mengakomodasi calon alternatif. "Kita pastikan masih ada calon presiden yang baik," ujarnya seraya menyebut Partai Golkar bakal menggusung Aburizal Bakrie, PAN dengan Hatta Rajasa, dan Gerindra dengan Prabowo Subianto.

Sementara Koordinator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Andre SW menyebutkan sektor pertambangan dijadikan mesin uang untuk kepentingan politik. Hal itu dapat terlihat sejak Pemilu 2004 hingga saat ini. "Dan nama-nama kandidat yang muncul versi LSI ini semua bergerak di bidang tambang," katanya tanpa menyebut secara rinci.

Andre menambahkan, jika sampai akhir 2012 tidak ada calon alternatif, maka sulit mengharapkan berakhirnya praktik abuse of power," timpalnya. [mdr]

Komentar

x