Rabu, 16 April 2014 | 14:46 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Kriteria Capres PPP
Headline
Foto: Ilustrasi
Oleh: Abdullah Mubarok
nasional - Kamis, 23 Februari 2012 | 18:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kediri - Ada empat kriteria pemimpin nasional yang ditetapkan oleh Majelis Syariah Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pertama, kapabel. Pemimpin nasional wajib memiliki kemampuan yang mumpuni wawasan keagamaan, kebangsaan, dan kearifan, yang dilandasi oleh sifat-sifat nubuwah dan ke-Indonesia-an yang tawassuth (moderat), tasmuh (toleran) dan tawzun (seimbang).

Kedua, integritas. Memiliki kepribadian yang tinggi, bertaqwa kepada Allah SWT, amanah, adalah, mengedepankan musyawarah, kejujuran (al-shidqu), keberanian (al-syaj’ah), dan istiqmah (konsisten) dalam menjalankan tugas-tugas berbangsa dan bernegara.

Ketiga, visioner. Pemimpin nasional harus memiliki pandangan dan keinginan yang kuat untuk memajukan bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lain serta tetap mempertahankan jati diri bangsa.

Terakhir, populis. Mencintai dan dicintai rakyat, memiliki oreintasi kerakyatan, peka terhadap kehidupan rakyat secara totalitas.

Empat kriteria pemimpin nasional tersebut diputuskan di Halaqoh Nasional Ulama di Hotel Bukit Daun, Kediri, Jawa Timur, Kamis (23/2/2012). [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER