Find and Follow Us

Senin, 27 Mei 2019 | 15:36 WIB

Kendala Industri Pariwisata Indonesia

Oleh : Suriani | Minggu, 12 Februari 2012 | 22:00 WIB
Kendala Industri Pariwisata Indonesia
Marie Elka Pangestu - inilah.com

INILAH.COM, Makassar - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai ada tiga masalah besar yang menjadi kendala di sektor industri pariwisata Indonesia.

" Ada tiga hambatan utama sektor pariwisata kita, kebersihan, infrastruktur dan kesehatan," kata Marie Elka Pangestu, menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di sela-sela acara Rakernas Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) II di Hotel Grand Clarion, Makassar, Jumat (10/2/2012).

Menurut Marie, kendala terbesar sebenarnya adalah infrastruktur, namun pemerintah terus mengusahakan dengan membangun akses ke tempat-tempat yang menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan.

Selanjutnya masalah kebersihan. Terkait hal ini pemerintah pusat melalui kementerian pariwisata tengah menggalakan gerakan Indonesia Bersih. Gerakan ini mulai gencar dilaksanakan tahun 2012 ini.

" Gerakan bersih pantai dan tempat-tempat umum yang sering didatangi wisatawan kita bersihkan. Termasuk airport, stasiun kereta api dan terminal," terang Menteri.

Untuk program kebersihan sarana dan prasarana perhubungan, menurut Marie, tentunya dengan koordinasi Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah dan komunitas tempat.

Kenyamanan harus dimulai dari kebersihan, papar dia. Kalau infrastruktur lanjutnya, Kementerian Pariwisata mempunyai Master Plan Program Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), program identifikasi kawasan-kawasan yang akan dijadikan kawasan ekonomi khusus, kawasan strategis maupun destinasi unggulan.

" Yang penting adalah merencanakan dan harus mengatasi kendala infra struktur. Misalnya paling penting yang menjadi pintu masuk utama seperti Bali dan Jakarata," tandasnya.[dit]

Komentar

x