Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 16:06 WIB

Din Bicara Kerukunan dan Perdamaian Beragama

Oleh : Ahmad Farhan faris | Minggu, 12 Februari 2012 | 13:30 WIB
Din Bicara Kerukunan dan Perdamaian Beragama
Din Syamsudin - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia memiliki beragam agama, suku dan bahasa. Sehingga kerukunan sangat diperlukan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia meraih kedamaian.

IRC (Inter Religious Council Indonesia) mengadakan acara puncak World Interfaith Harmony Week dengan tema "Harmoni Untuk Indonesia" di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Minggu, (12/2/2012). Dalam pernyataannya, Ketua IRC Din Syamsudin mengatakan perayaan ini merupakan simbol untuk menyampaikan pesan kerukunan ke seluruh pelosok negeri.

"Dari sini kita bisa sampaikan ke penjuru dunia supaya tetap hidup dalam kerukunan, bersedia untuk selalu berdampingan dan penuh dengan kedamaian," ujar Din Syamsudin, Minggu, (12/2/2012).

Saat ditanya mengenai konflik yang terus muncul di negeri ini dengan dalih agama, Din mengatakan sudah beberapa hari lalu sarasehan kerukunan disemarakkan oleh anak-anak muda dengan menanam pohon, ini menandai taman perdamaian. Oleh karena itu.

"Di Indonesia yang majemuk ini, kami berharap berbagai macam ketegangan konflik apalagi yang mengatasnamakan agama dapat dihindari secara bersama. Memang, kita tidak menutup mata masih banyak masalah-masalah yang ada, tapi kita tidak bosan untuk terus menyuarakan kerukunan dan harmoni ini demi utuhnya persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Menciptakan keharmonisan untuk membangun NKRI sangat diperlukan, namun di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia juga ternyata tidak rentan menghadapi berbagai macam perpecahan. Maka dari itu.

"Kesadaran untuk berbangsa, bernegara dalam kemajemukan inilah yang harus menjadi komitmen kita bersama. Tidak hanya di lapisan atas, melainkan juga di lapisan bawah. Bukan hanya di kota-kota, tetapi juga di desa-desa, kita harus bersyukur," tutupnya. [lal/han]

Komentar

Embed Widget
x