Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:38 WIB

Presiden Siap Jawab Pertanyaan Dunia Terkait Papua

Oleh : Laela Zahra | Jumat, 20 Januari 2012 | 11:06 WIB
Presiden Siap Jawab Pertanyaan Dunia Terkait Papua
Preisden SBY - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Permasalahan hukum dan pertahanan negara di Papua menjadi sorotan dunia. Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap menghadapi pertanyaan dunia.

"Ada yang bertanya, apa Presiden perlu bicara hingga masalah yang taktis dan teknis? Saya katakan harus. Kalau terjadi sesuatu yang dilakukan brigadir, di Papua, di era reformasi, info ini dengan cepat sampai ke New York, PBB, Genewa. Yang ditanya Presidennya," ujar SBY dalam penutupan Rapat Pimpinan Polri-TNI di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Jumat (20/1/2012).

SBY mengatakan bagian dari tugasnya untuk menjamin keamanan dan stabilitas sistem bernegara. Sehingga permasalahan dalam negeri yang mendunia akan menimbulkan pertanyaan terhadap dirinya.

Permasalahan hukum dan pertahanan dalam negeri yang menerobos pemberitaan asing, kata SBY, kerap dipicu oleh lembaga swadaya masyarakat (NGO).

"Oke saya punya tugas pastikan sistem di negeri ini berjalan dengan baik, pertahanan dan keamanan juga baik. Kemarin saudara ikuti ASEAN Summit. Saya bicarakan ini, meski mereka percaya kita dan mereka beri apresiasi tinggi. Tapi karena NGO, pers, dan kongres, mereka angkat isu-isu begini, tentu mereka menanyakan ini ke saya," kata SBY.

SBY menegaskan Papua adalah integral dengan pemerintah Indonesia, dan menganut aturan hukum Indonesia. Sehingga Polri dan TNI berwenang melakukan penegakan hukum dan pertahanan wilayah di Papua. [bar]

Komentar

x