Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:02 WIB

Inilah Kendaraan Tempur Rakitan Kopassus

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 18 Januari 2012 | 16:27 WIB
Inilah Kendaraan Tempur Rakitan Kopassus
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tak mau kalah dengan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merakit mobil, pasukan Kopassus juga membuktikan mampu merakit sebuah mobil perang yang dinamakan Rankis 4x4 TNI.

Kendaraan ini dipamerkan dalam acara pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) pada Rapim TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Dari tampilan luar kendaraan ini mirip seperti mobil Hummer perang asal Amerika Serikat. Interior luarnya dilapisi oleh baja. Dari tampilan luar orang menduga jika mobil ini adalah Hummer yang biasa digunakan oleh militer AS.

Namun dalam pemaparan di depan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono ternyata mobil ini merupakan mobil produksi dalam negeri yang dirakit oleh satuan TNI yakni Kopassus.

Dalam perakitannya, mobil ini dikerjakan oleh 10 orang Kopassus dalam jangka waktu lebih kurang satu tahun. Untuk merakit mobil ini, Kopassus menggunakan bahan baku dari dalam negeri terkecuali mesin yang digunakan yakni mesin Land Rover asal China yakni PT Autocar.

Kemudian chassis, frame dan body structure mobil tersebut menggunakan produksi PT Yushistira. Untuk baja yang digunakan pada mobil di produksi oleh PT Krakatau Steel, dan Assembling plant, military application, differential system di produksi oleh PT Pindad.

Selain itu suspensi, transmisi dan gear/break diambil dari produksi PT Petrodrill, interior dan side di produksi dari PT Pilar Mas Kursindo, dan Prototype dan electrical application system dari PT. Alam Indomesin Utama.

Kendaraan ini dirakit di PT Pindad di Bandung yang dikerjakan oleh 10 orang Kopassus dan dibantu oleh teknisi dari PT Pindad.

Transmisi yang digunakan oleh Rantis ini yakni menggunakan transmisi automatic dilengkapi dengan turbo. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan mesin laras panjang. Bahan bakar yang digunakan oleh Rantis 4x4 TNI ini menggunakan Solar.

Rencananya mobil ini pada Mei 2012 nanti akan diuji kelayakkan, apabila kendaraan ini lulus maka akan mendapat sertifikasi. Selanjutnya kendaraan ini akan diproduksi secara massal dan akan diekspor kebeberapa negara di wilayah Asia Tenggara.

Dalam pameran itu, mobil Rantis 4x4 TNI mendapat perhatian dari parat Jenderal-jenderal TNI, karena bentuknya yang kekar dan gagah. [mah]

Tags

 
x