Sabtu, 1 November 2014 | 06:33 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Kendaraan Tempur Rakitan Kopassus
Headline
inilah.com
Oleh: Ajat M Fajar
nasional - Rabu, 18 Januari 2012 | 16:27 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Tak mau kalah dengan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merakit mobil, pasukan Kopassus juga membuktikan mampu merakit sebuah mobil perang yang dinamakan Rankis 4x4 TNI.

Kendaraan ini dipamerkan dalam acara pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) pada Rapim TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Dari tampilan luar kendaraan ini mirip seperti mobil Hummer perang asal Amerika Serikat. Interior luarnya dilapisi oleh baja. Dari tampilan luar orang menduga jika mobil ini adalah Hummer yang biasa digunakan oleh militer AS.

Namun dalam pemaparan di depan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono ternyata mobil ini merupakan mobil produksi dalam negeri yang dirakit oleh satuan TNI yakni Kopassus.

Dalam perakitannya, mobil ini dikerjakan oleh 10 orang Kopassus dalam jangka waktu lebih kurang satu tahun. Untuk merakit mobil ini, Kopassus menggunakan bahan baku dari dalam negeri terkecuali mesin yang digunakan yakni mesin Land Rover asal China yakni PT Autocar.

Kemudian chassis, frame dan body structure mobil tersebut menggunakan produksi PT Yushistira. Untuk baja yang digunakan pada mobil di produksi oleh PT Krakatau Steel, dan Assembling plant, military application, differential system di produksi oleh PT Pindad.

Selain itu suspensi, transmisi dan gear/break diambil dari produksi PT Petrodrill, interior dan side di produksi dari PT Pilar Mas Kursindo, dan Prototype dan electrical application system dari PT. Alam Indomesin Utama.

Kendaraan ini dirakit di PT Pindad di Bandung yang dikerjakan oleh 10 orang Kopassus dan dibantu oleh teknisi dari PT Pindad.

Transmisi yang digunakan oleh Rantis ini yakni menggunakan transmisi automatic dilengkapi dengan turbo. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan mesin laras panjang. Bahan bakar yang digunakan oleh Rantis 4x4 TNI ini menggunakan Solar.

Rencananya mobil ini pada Mei 2012 nanti akan diuji kelayakkan, apabila kendaraan ini lulus maka akan mendapat sertifikasi. Selanjutnya kendaraan ini akan diproduksi secara massal dan akan diekspor kebeberapa negara di wilayah Asia Tenggara.

Dalam pameran itu, mobil Rantis 4x4 TNI mendapat perhatian dari parat Jenderal-jenderal TNI, karena bentuknya yang kekar dan gagah. [mah]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
7 Komentar
sutikno
Selasa, 10 April 2012 | 11:46 WIB
selamat Kopasus ayo amankan Negara dan Bangsa ini tegakkan merahputi dan Pancasila sebab saat ini bangsa suda carut marut karena politik yang gak jelas,kita harus belajar dari pengalamanan bahwa multi parti hanya menyengsarakan rakyat ,seprti saat ini tidak rakyat terombang ambing tidak tahu mana yang besar semua aturan ditabrak sdh bahaya bangsa kita ,kita perluh yang tegas dan kepastian
sahrul muin
Rabu, 14 Maret 2012 | 09:04 WIB
untuk kepentingan negara, dalam hal ini Polri, berapa harga jual mobil Rantis yang di jual ?
danu
Senin, 5 Maret 2012 | 05:49 WIB
kopassus is rambo,a komando is ten soldier others
herieko cahyono
Kamis, 23 Februari 2012 | 20:36 WIB
Maju terus Baret Merah,jadilah yang terbaik...tuk harumkan pasukan indonesia di mata dunia...!!!
INDRA
Selasa, 7 Februari 2012 | 09:30 WIB
mantap, KOMANDO!
ari
Sabtu, 21 Januari 2012 | 06:56 WIB
KOMANDO TETAP JAYA
iman santoso
Jumat, 20 Januari 2012 | 10:08 WIB
TNI ke depan perlu kemandirian di bidang teknologi khusus utk kebutuhan nya sendiri, contoh yg dilakukan oleh Kopassus walaupun masih dalam taraf rakitan tapi sudah dapat memilih sendiri tdk tergantung oleh para mafia pengadaan alutsista alias cukong2 kapan lagi TNI berubah amiiiiiin
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER