Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 01:40 WIB

KKP Jamin Pasokan Bahan Baku Pengolahan Ikan

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Selasa, 17 Januari 2012 | 01:59 WIB
KKP Jamin Pasokan Bahan Baku Pengolahan Ikan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Guna menjamin ketersediaan pasokan bahan baku bagi industri pengolahan ikan, serta menekan biaya transportasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menata Sistem Logistik IKAN Nasional (SLIN).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C.Sutardjo, mengatakan, anomali perubahan iklim, mengakibatkan produksi hampir semua jenis ikan sulit ditebak. Menurtnya, pada periode tertentu produksi ikan bisa melimpah, tapi pada periode selanjutnya bisa merosot tajam.

Menurutnya Sharif, SLIN dibuat untuk menstabilkan harga ikan. "Pada saat paceklik, harga ikan biasanya melambung tinggi. Kondisi ini jelas memberatkan konsumen. Sebaliknya, pada musim panen, harga ikan justru merosot, sehingga merugikan nelayan," kata Sharif, Senin (16/1/2012).

Dengan SLIN, sambung sharif, dua masalah itu bakal dapat dicegah karena pasokan ikan bakal stabil sepanjang tahun. "Harga tidak akan terlalu jatuh pada saat panen, dan tidak akan terlalu tinggi saat paceklik.

Selain itu, SLIN juga akan dilengkapi sistem pengelolaan cold storage (warehouse management system) berbasis teknologi informasi.

Lebih lanjut Sharif menjelaskan, untuk mendukung pengembangan program pembangunan perikanan khususnya kegiatan penyediaan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, KKP akan mendirikan sejumlah Pabrik es di setiap pelabuhan cold storage, yang nantinya es balok tersebut akan diberikan secara cuma-cuma kepada nelayan saat akan melaut sehingga ikan tidak cepat membusuk.[dit]

Komentar

x