Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 30 April 2017 | 16:01 WIB

Pembelian Tank Leopard Bekas

Tank Amfibi Pindad & PAL Bisa Jadi Tank Tempur

Oleh : MA Hailuki | Kamis, 12 Januari 2012 | 14:09 WIB
Tank Amfibi Pindad & PAL Bisa Jadi Tank Tempur
Tank Amfibi - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tak banyak yang tahu jika PT Pindad bekerja sama dengan PT PAL telah berhasil memproduksi tank amfibi untuk TNI Angkatan Laut (AL).

Jika pemerintah mau berhemat anggaran dan percaya terhadap hasil karya dalam negeri, tank amfibi BTR-50 dan PAL-AFV bisa dimodifikasi menjadi tank tempur jenis taktis untuk TNI Angkatan Darat (AD).

"Hanya tinggal tambah meriam saja sudah jadi tank, karena rodanya sudah pakai rantai besi seperti tank. Kalau mau dimodif jadi main battle tank tinggal diperbesar ukurannya," ujar anggota Komisi I DPR Ahmad Muzani, Kamis (12/1/2012).

Pembuatan tank tempur dalam negeri lanjut Muzani, dipastikan menelan biaya lebih murah daripada membeli 100 unit Tank Leopard bekas dari Belanda seharga Rp12 triliun.

"Aneh kok Kementerian Pertahanan lebih memilih beli tank bekas daripada membuat sendiri, padahal sama saja pelurunya buatan Pindad juga," terang Muzani.

Sekjen Partai Gerindra ini pun mendesak agar rencana pembelian 100 unit Tank Leopard bekas dari Belanda dibatalkan. "Sudahlah lebih baik dibatalkan saja, kita perkuat alutsista kita dengan buatan dalam negeri," seru Muzani. [mah]

x