Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 00:54 WIB

2012, Penambahan Bangsal Kelas 3 Naik 2 Kali Lipat

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Kamis, 29 Desember 2011 | 01:07 WIB
2012, Penambahan Bangsal Kelas 3 Naik 2 Kali Lipat
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter


INILAH.COM,Bandung - Dalam rangka mewujudkan Indonesia menuju universal coverage, seluruh rumah sakit diharapkan melakukan penambahan kapasitas bangsal kelas tiga menjadi dua kali lipat.

"Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi kasus pasien Jamkesmas yang tidak kebagian tempat tidur di rumah sakit," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dalam acara sosialisasi Jabar menuju Universal Coverage di Hotel Savoy Homann, Bandung, Rabu (28/12/2011).

Menkes menjelaskan, hingga kini tercatat ada sekitar 114 ribu tempat tidur bangsal kelas 3 di seluruh rumah sakit di Indonesia. Karenanya, sambung Menkes, kedepannya penambahan kapasitas tempat tidur bagi pasien jamkesnas naik menjadi 2 kali lipat dari jumlah yang ada.

"Kita harus menambah kapasitas kelas 3. Karena, percuma sistem Jamkesmasnya ada, tapi kelas 3 nya habis. Makanya saya kemarin sempat marah karena ada swasta punya kelas 3 tapi tidak dikasih karena belum ada jamkesmas," jelas Menkes.

Menurut Menkes, saat ini ada sekitar 1.870 rumah sakit di Indonesia, namun baru sekitar 1.080 yang baru menerima pasien jamkesmas.

"Kurang lebih sekitar 800 rumah sakit yang belum melayani dan kebanyakan swasta. Makanya saya meminta penambahan kelas 3, untuk rumah sakit swasta dan vertikal serta pemda untuk melihat lagi, apa masih bisa memungkinkan tidak untuk menambah kelas 3," ungkap Menkes.(ndr)

Komentar

Embed Widget
x