Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:01 WIB

Inilah Gebrakan Pertama KPK di Bawah Abraham Samad

Oleh : Santi Andriani | Jumat, 23 Desember 2011 | 19:04 WIB
Inilah Gebrakan Pertama KPK di Bawah Abraham Samad
Ketua KPK, Abraham Samad - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah pimpinan baru membuat kebijakan yang berbeda dari biasanya dalam hal komposisi dan tanggung jawab masing-masing pimpinan KPK.

Ketua KPK, Abraham Samad mengatakan, lima pimpinan KPK saat ini, Busyro Muqoddas, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnaen dan Abraham sendiri akan fokus pada bidang penindakan.

"Bahwa banyak kasus besar yang jadi perhatian publik dan juga kita Pimpinan KPK berlima, kita putuskan bahwa pimpinan kelima ini mengkonsentrasikan dirinya pada bidang penindakan," ujar Abraham di gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/12/2011).

Abraham menjelaskan, tidak ada pembagian wakil ketua siapa yang harus bertanggung jawab di bidang penindakan dan pencegahan seperti yang selama ini terjadi. Katanya, pimpinan berlima itu pun merangkap bertanggungjawab terhadap bidang pencegahan.

"Jadi lima-limanya bertanggungjawab pada penindakan dan kelima-kelimanya juga pada pencegahan. Jadi ini (penindakan dan pencegahan) akan berjalan beriringan," ujarnya.

Keputusan ini, katanya, diambil berdasarkan rapat pimpinan yang dilakukan siang hingga petang, Jumat (23/12/2011). Kebijakan ini tentu berbeda dengan komposisi kepemimpinan di dua masa kepemimpinan sebelumnya.

Pada periode 2007-2011, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan dijabat oleh Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, sementara Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan dijabat oleh Haryono Umar dan Jasin. Pembagian seperti ini juga terjadi pada kepemimpinan KPK periode sebelumnya yang diketuai Taufiqurrahman Ruki. [tjs]

Komentar

x