Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 01:36 WIB

PDIP Cegah Agus Condro Kedua Muncul

Oleh : Sumitro | Minggu, 18 Desember 2011 | 23:36 WIB
PDIP Cegah Agus Condro Kedua Muncul
Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan, Trimedya Pandjaitan - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumpulkan kader partainya yang menjadi pejabat pemerintah di berbagai daerah.

Pertemuan direncanakan berlangsung pada Januari 2012, yakni untuk mengantisipasi terjadinya insiden 'Agus Condro' kedua.

"Eskalasi politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2014 semakin tinggi. Kami berharap KPK tidak mudah diintervensi kepentingan politik tertentu,"tegas Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan, Trimedya Pandjaitan, dalam diskusi Lembaga Penegakan Hukum dan Strategi Nasional dengan tema 'Rakyat Dapat Apa Dengan Kepemimpinan KPK Yang Baru..?' di Jakarta, Minggu (18/12/2011).

Dia mengatakan, belajar dari insiden Agus Condro, dimana ia melaporkan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) yang kemudian menyebabkan suara PDI Perjuangan menurun pada Pemilu 2009 lalu. Padahal, kata Trimedya, kasus suap DGS BI terjadi pada tahun 2008. Namun kadernya sendiri justru melaporkannya pada 2009 ke KPK.

"Sempurnalah, PIDP turun 6 persen. Sebetulnya kalau memang ada niat (melaporkan) tidak perlu menunggu lima tahun untuk melaporkan ke KPK,"ungkapnya.

Berkaca pada insiden itu, PDI Perjuangan berharap tidak akan mengalami lagi di masa mendatang. Salah satu upaya yang ditempuh yakni dengan mengumpulkan kader-kadernya yang menjadi kepala daerah. [lal]

Komentar

x