Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 17:58 WIB

Sudah Ada 6 yang Ditindak untuk Kasus Mesuji

Oleh : Soemitro | Kamis, 15 Desember 2011 | 23:00 WIB
Sudah Ada 6 yang Ditindak untuk Kasus Mesuji
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Boy Rafly Amar - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Boy Rafly Amar, membantah Polri menutup-nutupi aksi kekerasan di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Propinsi Sumatra Selatan. Karena peristiwa pada 21 April 2011 itu sebelumnya juga sudah ramai diberitakan media.

"Peristiwa April 2011 itu setahu saya ada beritanya dan prosedur pengamanan juga sesuai prosedur. Buktinya ada enam orang yang dipidanakan. Itu kan bukti bahwa ada langkah-langkah hukumnya," tegasnya di Mabes Polri, Kamis (15/12/2011).

Menurutnya, keenam pelaku yang ditangkap juga sudah diperiksa secara intensif, bahkan berkas perkaranya sudah dinyatakan P21 atau lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Sumatera Selatan. Dalam dakwaannya, mereka dikenakan pasal tindak pidana pembunuhan.

Mengenai laporan beberapa petani Mesuji ke Komisi III DPR RI, Rabu (14/12/2011), Boy menegaskan jumlah tersebut merupakan penggabungan dari berbagai peristiwa yang ada di Sumatra Selatan dan Lampung. Yakni menggabungkan orang yang meninggal di beberapa tempat, bukan dalam satu peristiwa dan satu lokasi.

"Kalau kita lihat angka 30 itu digabungkan dengan orang yang meninggal di beberapa tempat, bukan dalam satu peristiwa di satu lokasi. Mungkin itu peristiwa yang mereka tahun 2004 dan mereka gabungkan. Tapi kita tetap perlu mencari tahu, 30 itu korban karena apa," tandas Boy. [tjs]

Komentar

x