Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:04 WIB

Sayap PAN Minta Pemerintah Temui Keluarga Sondang

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 13 Desember 2011 | 03:45 WIB
Sayap PAN Minta Pemerintah Temui Keluarga Sondang
Foto:Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tewasnya mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) Sondang Hutagalung karena membakar diri di depan Istana membawa duka yang mendalam bagi semua pihak khususnya pihak keluarga.

Karena aksi itu dilakukan di depan Istana maka Pemerintah diminta untuk memberikan bela sungkawa kepada Sondang dengan menemui pihak keluarganya.

"Sebagai kepala pemerintahan menurut saya itu adalah hal yang sebaiknya dilakukan, ketika si korban ini meninggal ada sebuah statement atau bentuk perhatian terhadap kejadian aksi yang dilakukan, mungkin menemui keluarga korban atau hal-hal lain yang dapat dilakukan pemerintah," kata Ketua Umum PAN Muda Untuk Indonesia (PANDU Indonesia) M.Rodli Kaelani melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (12/12/2011).

Presiden juga diminta memerintahkan aparat penegak hukum untuk mencari tahu motif Sondang melakukan aksi bakar diri tersebut. "Agar pemerintahan SBY dapat melakukan langkah antisipatif supaya hal tersebut tidak terulang lagi," jelasnya.

Menurutnya, PANDU Indonesia yang merupakan sayap partai dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mendesak agar Pemerintahan SBY-Boediono melakukan kerja lebih cepat dan konkret agar benar-benar bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di waktu yang tersisa. Lantaran aksi yang dilakukan oleh Sondang tersebut merupakan bentuk ekspresi keprihatinan sosial atas kondisi kemiskinan dan ketidakadilan yang saat ini terjadi.

"Jika SBY ingin mendapatkan simpati publik yang dinilai cepat dalam merespons aksi bakar diri yang dilakukan, ya dia harus melakukan tindakan yang lebih konkret dan efektif dalam melahirkan kebijakan dan menangani isu-isu kesejahteraan, ekonomi,korupsi,dan lain-lain," paparnya.

"Jadi di masa yang tersisa ini Presiden SBY harus bisa menyelesaikan isu-isu yang sangat berkenaan langsung dengan masyarakat dan paling tidak dia dapat mengakhiri pemerintahannya dengan baik.Tentunya PANDU Indonesia turut prihatin dan berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum Sondang tersebut," tandasnya. [gus]

Komentar

x