Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:05 WIB

Hormat Priyo untuk Sondang

Oleh : Marlen Sitompul | Senin, 12 Desember 2011 | 23:05 WIB
Hormat Priyo untuk Sondang
Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter


INILAH.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memberi penghormatan kepada aksi nekat bakar diri di depan Istana Merdeka yang dilakukan oleh Sondang Hutagalung.

Priyo berharap aksi bakar diri seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) itu tidak lagi terulang. Menurutnya, keyakinan Sondang harus dikenang.

"Kami semua ikut bersedih akhirnya wafatlah seorang demonstran karena keyakinannya sampai kemudian membakar diri. Saya tidak menyarankan itu diulangi lagi sebagai bentuk unjuk rasa kepada pemerintah. Kita kenang karena keyakinannya," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/12/2011).

Protes terhadap pemerintah, kata Priyo, tidak harus dilakukan dengan bakar diri. Namun, dapat dilakukan dengan banyak cara termasuk unjuk rasa.

"Meskipun saya menghormati tapi saya tidak menganjurkan untuk ditiru. Aksi itu pesan khusus bahwa orang sampai mengorbankan nyawanya," sambungnya.

Namun Priyo juga berpesan agar aksi nekat Sondang menjadi perhatian bagi pemerintah dan pejabat publik lainnya.

"Ini mungkin karena tingkat kekhawatiran yang bersangkutan. Pesan ini harus menjadi perhatian bersama. Kita semua ya presiden dan kami ingin mendengarkan apa yang diperjuangkan itu," jelasnya. [mah]

Komentar

Embed Widget
x