Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:09 WIB

Jembatan Tenggarong Runtuh

8 Mobil Terperangkap di Dasar Mahakam

Oleh : Soemitro | Rabu, 30 November 2011 | 19:54 WIB
8 Mobil Terperangkap di Dasar Mahakam
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Hasil pemindaan sonar oleh tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Selasa (30/11/2011) malam menunjukkan terdapat delapan mobil yang berada di dasar sungai Mahakam. Mobil nahas itu tenggelam bersama Jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur yang ambruk Sabtu (26/11/2011).

Dari delapan mobil itu, tujuh di antaranya berada di luar kerangka jembatan dan satu lainnya berada di alam kerangka. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, pemindaian dengan multibeam echosounder masih disiapkan untuk memperoleh gambaran yang lebih detil. "Tim penyelam siang ini fokus untuk mengeluarkan korban yang ada pada mobil tersebut."

Menurutnya, sampai Rabu (30/11/2011) pukul 17:00 WITA, tim penyelam hanya berhasil mengangkat satu jenazah dari dasar sungai. Total korban hingga saat ini 19 orang meninggal. Pencarian dihentikan karena cuaca yang tidak bersahabat.

Sedangkan 60 Floating Bags (balon) untuk mengangkat mobil dan reruntuhan sudah siap di atas ponton di lokasi. Kelengkapan lain juga sejak kemarin sudah siap yaitu 10 unit tugboats dan 3 unit ponton besar beserta crane.

Direncanakan, tujuh unit mobil yang berada di luar kerangka jembatan akan diangkat menggunakan dengan crane yang sudah siaga di atas ponton, lalu korban di dalam mobil dikeluarkan.

"Apabila korban sudah berhasil dikeluarkan, floating Bags (balon) baru digunakan untuk menarik kerangka jembatan ke pinggir sungai, selanjutnya sisa korban dievakuasi." [tjs]

Komentar

x