Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:18 WIB

Abdullah Hehamahua

Tolak Cinderamata dari PAN

Oleh : R Ferdian Andi R | Jumat, 18 November 2011 | 00:59 WIB
Tolak Cinderamata dari PAN
Abdullah Hehamahua - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Penasehat KPK Abdullah Hehamahua termasuk yang konsisten untuk tidak menerima apapun dari pihak lain di luar KPK.

Sikap Abdullah Hehamahua ini juga ditunjukkan saat dirinya usai menyampaikan visi misinya dalam diskusi yang diselenggarajan Fraksi PANDPRRI, Kamis (17/11/2011). Kejadian itu saat pembawa acara yang juga anggota Fraksi PAN Eko Patrio mempersilakan para narasumber yang berasal dari calon pimpinan KPK menerima cinderamata dari panitia acara.

"Bagi para pembicara dipersilakan maju untuk menerima cinderamata," demikian Eko. Namun sebelum beranjak dari tempat duduknya, Abdullah langsung bergegas menyambar microphone di depan tempat duduknya. "Karena ini masuk kategori gratifikasi, (cinderamata) ini akan saya terima namun saya serahkan ke KPK," kata Abdullah.

Konsistensi Abdullah untuk tidak menerima apapun dari pihak di luar KPK memang sudah melekat pada figur pria berjenggot ini. Hal yang menonjol lainnya, Abdullah juga tidak pernah menyantap hidangan maupun minuman di hadapannya di semua forum di luar KPK.

Hal tersebut tampak saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR, maupun saat mengisi acara seminar di luar lingkungan KPK. Hal ini pula tampak saat dirinya menjadi pembicara di Fraksi PAN. Air mineral yang dihidangkan untuk Abdullah masih utuh tak tersentuh.

Sikap Abdullah ini akhirnya mendaulat dirinya dijuluki sebagai 'Nabi' KPK oleh sebagian pihak termasuk kalangan DPR, karena perilakunya yang cukup hati-hati dengan tidak menerima apapun dari luar KPK. Terlihat naif namun cukup memberi ketauladanan bagi yang lain.

Komentar

 
Embed Widget

x