Jumat, 31 Oktober 2014 | 23:59 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Wow, Lukisan Nusantara Kuno Sudah 3D
Headline
inilah.com/Dok
Oleh:
nasional - Senin, 14 November 2011 | 14:36 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pada 7 November 2011, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief terkejut dengan paparan enam anak muda dari Bandung Fe Institute.

"Saya terkejut dengan penelitian ini. Para periset muda ini mampu membuktikan lukisan kuno nusantara sudah menggunakan lukisan 3 dimensi (3D)," ujar Andi Arief kepada INILAH.COM, Senin (14/11/2011).

Andi Arief menjelaskan sedikitnya ada dua alasan teoritis, mengapa studi lukisan nusantara kuno layak dikaji secara lebih mendalam. Pertama, tradisi prasejarah di Indonesia telah mengenal lukisan.

Bukti mengenai hal ini tersebar di ratusan lukisan goa di berbagai penjuru tanah air, di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Sumatera Selatan hingga corak artefak logam prasejarah Moon of Pejeng dari Bali (300 SM) yang sangat terkenal.

"Jika proses evolusi berjalan dari sederhana ke kompleks maka cukup masuk akal untuk menghipotesiskan adanya “lukisan kuno” pada peradaban sejarah awal nusantara," katanya.

Kedua, kebudayaan yang telah mengenal seni 3 dimensi yang kompleks biasanya juga memiliki seni 2 dimensi. Pada era yang relatif sama dengan dengan “Patung David” karya Michelangelo (3 dimensi) terdapat “Lukisan Monalisa” dari Leonardo da Vinci (2 dimensi).

Pada abad 8-9, peradaban Jawa telah membangun karya seni 3 dimensi yang sangat kompleks, seperti Borobudur dan Prambanan. Yang menjadi pertanyaan dimanakah atau seperti apakah “lukisan kuno” pada era tersebut?

"Cukup sulit mencari bukti fisik tentang eksistensi “lukisan nusantara kuno”. Hal ini diduga karena artefak tersebut kemungkinan besar terbuat dari kain, lontar atau kayu yang tidak dapat bertahan lama (berbeda dengan batu atau tulang)," imbuhnya.

Untuk itu, studi ini mencoba menelusurinya melalui artefak-artefak yang tersisa, seperti lukisan di atap Puri Kertha Gosa, Klungkung, Bali, diperkirakan tahun 1700-1720. Koleksi foto-foto Wayang Beber “Panji dan Sekar Taji” dari Desa Gedompol koleksi NYPL Digital Gallery, foto diambil tahun 1937 dan objek foto diperkirakan dibuat pada abad 17-19. [bar]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
arif
Kamis, 24 November 2011 | 09:26 WIB
Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief terkejut dengan paparan enam anak muda dari Bandung Fe Institute. orang ini kerjaannya apa sih?
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER