Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 18:48 WIB

Golkar Beri Sinyal Pembubaran KPK

Oleh : Ajat M Fajar | Sabtu, 29 Oktober 2011 | 20:10 WIB
Golkar Beri Sinyal Pembubaran KPK
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie meminta masyarakat untuk memberi kepercayaan kepada aparat penegak hukum seperti Kejaksaan dan Polri dalam pemberantasan korupsi.

Masyarakat tidak bisa selamanya mengandalkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab KPK hanya lembaga temporer alias sementara.

"Saya ingin mendudukkan sebuah persoalan yang beberapa lalu menjadi kontroversi nasional yaitu peran dan masa tugas KPK," ujar Ical dalam pidato HUT ke-47 di Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (29/10/2011).

Menurutnya, dalam hal ini Partai Golkar mengimbau agar dalam membicarakan persoalan tersebut semua pihak terutama kader Partai Golkar mengedepankan akal sehat. Sehingga memberi ruang gerak yang memadai agar lembaga ekstra seperti KPK dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Tetapi kita juga tidak boleh lupa pada konteks kelahirannya. KPK lebih dimaksudkan sebagai lembaga temporer, bukan untuk hadir selama-lamanya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ical mengatakan dalam negara demokrasi seperti saat ini lembaga-lembaga seperti Kejaksaan dan Polri harus diandalkan. "Lembaga-lembaga vital ini tidak akan belajar untuk menjalankan tugasnya dalam memberantas korupsi jika tidak pernah diberi kepercayaan dan ruang yang memadai untuk tumbuh semakin matang," jelasnya.

"Karena itu kita harus segera merumuskan sebuah jangka waktu, sebuah periode peralihan yang tidak terlalu lama, agar kita tidak terus terjebak dalam periode transisi, tetapi sudah mulai memasuki tahap konsolidasi demokratis," tegasnya. [mah]

Komentar

x