Rabu, 16 April 2014 | 23:03 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Suku Baduy Ikut 'Nyoblos' di Pilkada Banten
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh:
nasional - Sabtu, 22 Oktober 2011 | 08:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Lebak - Komunitas Suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak siap memberikan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten yang dilaksanakan hari ini (22/10/2011).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Agus Sutisna, Jumat, mengatakan, masyarakat Baduy siap memberikan hak suaranya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten karena tidak bertentangan dengan adat setempat.

Saat ini masyarakat Baduy yang memiliki hak suara pada daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 6.686 pemilih dengan lokasi di 12 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari 6.686 hak pilih tersebut terdiri atas 3.306 laki-laki dan 3.380 perempuan. Akan tetapi, kata dia, bagi warga Baduy Dalam yang tersebar di Cikeusik, Cikawartana dan Cibeo sebanyak 400 orang dipastikan tidak akan menggunakan hak pilihnya.

Selama ini, kata dia, warga Baduy Dalam tidak berhak mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dengan alasan menjaga keharmonisan antarsesama.

Mereka warga Baduy Dalam, ketika terjadi pemilihan yang berbeda dianggap mereka hal itu konflik," katanya.

Agus menjelaskan, ke-12 TPS yang disediakan akan ditempatkan di empat titik, yakni di Kampung Kaduketug 1, dan Kaduketug 2, Ciboleger, dan Cicakal Girang.

"Kami yakin warga Baduy tanggal 22 Oktober akan mendatangi TPS untuk menggunakan hak suaranya," katanya.

Kepala Desa Kanekes yang juga kepala pemerintahan adat Baduy, Jaro Dainah mengatakan pihaknya sudah siap mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tanggal 22 Oktober 2011.

Dainah menyebutkan jumlah suara di TPS 1 di Kaduketug sebanyak 518 pemilih terdiri 261 laki-laki dan 257 pemilih perempuan.

"Kami berharap pelaksanaan pilkada nanti berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Ajun Komisaris Gofar Risyandi mengatakan pihaknya siap mengamankan pilkada Banten dengan menyebar petugas ke sejumlah TPS.

"Kami akan mengawasi di setiap TPS terdapat dua petugas," katanya.[antara]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER