Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 08:37 WIB

Agus Purnomo

Politikus PKS Fasih Primbon Jawa

Oleh : R Ferdian Andi R | Jumat, 21 Oktober 2011 | 00:42 WIB
Politikus PKS Fasih Primbon Jawa
Agus Purnomo - metrotvnews.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PKS selama ini diidentikkan dengan paham keagamaan Wahabi yang lekat dengan puritanisme. Namun anggapan itu tampaknya tak seluruhnya benar. Setidaknya apa yang dilakukan politikus PKS Agus Purnomo.

Paham puritan kerap dilekatkan dengan anti tradisi lokal. Namun, citra PKS yang lekat dengan paham keagaman wahabi yang menekankan arabisasi itu terbantahkan dengan Agus Purnomo yang cukup fasih membaca primbon Jawa.

Peristiwa itu terjadi saat diskusi di gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (19/10/2011). Anggota Komisi II DPR RI itu sebenarnya terpancing dengan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon yang sempat mengutip primbon Jawa melalui SMS dari salah satu mpu di Solo, Jawa Tengah. Penyebutan primbon Jawa itu terkait dengan proses reshuflle dan pelantikan kabinet yang berlangsung pada Rabu (19/10/2011).

Nah, Agus Purnomo yang mendengar Fadli Zon mengutip primbon Jawa, terpancing untuk menyebut primbon serupa. Dia mengatakan dalam tradisi Jawa ada istilah pawukon atau primbon jawan. "Nah, pelantikan reshuflle itu jatuhnya pada Rabu Kliwon, yang berarti burung Kepondang. Ini artinya, mengambil keputusan sendiri, polanya ambil perhatian. Nah, ini biasanya rugi," kata Agus.

Dia menambahkan, hari Rabu juga berarti tertiup angin. Namun buru-buru Gus Pur, demikian ia kerap disapa, menegaskan tidak boleh mempercayai ramalan. "Meski kadang-kadang ramalan ada benarnya juga," selorohnya. [MDR]

Komentar

Embed Widget
x