Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 06:54 WIB

Kasus Surat Palsu

Kejaksaan Kembalikan Berkas Zaenal Arifin

Oleh : Laela Zahra | Senin, 17 Oktober 2011 | 22:00 WIB
Kejaksaan Kembalikan Berkas Zaenal Arifin
Zaenal Arifin Hoesein - inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Kejaksaan, untuk kedua kalinya, mengembalikan berkas tersangka surat palsu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Zaenal Arifin Hoesein.

Sebelumnya Kejaksaan meminta tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum untuk melengkapi berkas Zaenal. Kemudian Polri menyisipkan keterangan saksi Ketua MK Mahfud MD. Kini berkas penyidikan Zaenal kembali dikembalikan Kejaksaan, untuk dilengkapi.

"Jaksa sudah mengembalikan berkas (P19) untuk Zaenal, petunjuknya diminta memeriksa tiga saksi lagi, satu panitera, dua anggota panitera," jelas Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/10/2011).

Seorang Panitera MK itu adalah Alifa Rahmawati, dan dua anggotanya Suwrno dan Kasianur Sidauruk. Selain itu Polri akan melengkapi berkas Zaenal dengan menambahkan keterangan saksi ahli hukum pidana dari Universitas Tri Sakti Andi Hamzah.

Sebagaimana diketahui, mantan Panitera MK Zaenal Arifin Hoesein bersama Juru Panggil MK Masyhuri Hasan, ditetapkan sebagai tersangka surat palsu MK. Keduanya diduga sebagai pembuat surat palsu tersebut. Sementara kejahatan berkelompok yang terdiri dari pembuat surat, penyuruh, dan pengguna, masih akan menetapkan tersangka lainnya. "Tunggu saja nanti," ucap Anton.

Kasus pemalsuan surat keputusan MK ini diduga bertujuan meloloskan Dewie Yasin Limpo sebagai legislator DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan I, pada pemilu legislatif 2009. Nama mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Nurpati juga disebut-sebut sebagai pengguna surat palsu ini, dan Dewie sebagai penyuruh pembuat surat palsu tersebut.

Bahkan keduanya pernah diperiksa tim penyidik sebagai saksi, dan hingga kini status keduanya masih sebatas saksi. [tjs]

Komentar

x