Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 09:47 WIB

Anggaran Naik, BIN Tak Boleh Lagi Kecolongan

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 27 September 2011 | 23:09 WIB

Berita Terkait

Anggaran Naik, BIN Tak Boleh Lagi Kecolongan
Priyo Budi Santoso - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR bidang Politik Hukum dan Keamanan, Priyo Budi Santoso mendukung rencana kenaikan anggaran Badan Intelijen Negara (BIN) tahun 2012. Kenaikan dimaksudkan agar BIN tak punya alasan kecolongan lagi dalam mendeteksi aksi teror di Indonesia.

"Saya akan dorong untuk dinaikkan, kalau intelijen BIN di Komisi I nanti akan kami minta ke sana (tak lagi kecolongan), kemudian intelijen-intelijen lain yang dari bea cukai dan kepolisian dan seterusnya juga akan kita dorong untuk dinaikkan. Secara pimpinan Banggar juga bisa pro aktif dan profesional untuk memberikan ruangan untuk kenaikan ini," ujar Priyo di Gedung DPR, Senayan, Selasa (27/9/2011).

Menurutnya, dengan dinaikannya anggaran BIN ini diharapkan kinerja BIN ke depannya bisa lebih maksimal untuk mendeteksi sel-sel teroris yang ada di Indonesia. DPR, kata dia tak mau masalah dana atau anggaran menjadi alasan BIN untuk gagal mendeteksi sel-sel teroris ini.

"Jadi supaya mereka nanti lebih berperan dan ada pengindraan dini dari bekal kemudian sampai sel-sel jaringan-jaringan yang radikal dalam arti teroris. Jadi untuk yang jaringan teroris itu bisa kita tangkal lewat jalur intelijen kita yang masih lemah," imbuhnya.

Ketua DPP Partai Golkar ini menilai jika porsi anggaran yang diterima BIN saat ini jauh dari ideal. Namun hal itu akan menjadi pertimbangan untuk menaikkan anggaran di tahun 2012. "Ya tidak ada alasan (kecolongan). Karena intelijen kita itu kan bersifat senyap operasinya, lewat jalur-jalur yang kadang kala berteman atau masuk dalam jalur merek (teroris) dan itu kan butuh anggaran. Kalau kita lihat dana FBI atau CIA, ya tidak sebanding," ujar Priyo. [mvi]

Komentar

x