Kamis, 30 Oktober 2014 | 20:43 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kuota Haji Jateng Ditambah 440 Orang
Headline
Oleh: Harian Semarang
nasional - Senin, 19 September 2011 | 00:09 WIB

INILAH.COM, Semarang-Padamusim haji Oktober mendatang, Jateng mendapat tambahan kuota jamaah calon haji (calhaj) sebanyak 440 orang.
Tambahan yang diberikan Kementerian Agama (Kemenag) RI kepada Jateng ini didasarkan pada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia sebanyak 10 ribu orang.
“Dari tambahan kuota sebanyak 10 ribu itu kemudian dibagi-bagikan ke setiap daerah yang memiliki daftar tunggu calhaj terlama, termasuk di antaranya Jateng yang daftar tunggunya hingga 2017,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jateng, Imam Haromain Asyary.
Dirinya menambahkan, untuk musim haji kali ini, prioritas utama dengan adanya tambahan kuota 440 orang untuk Jateng ini selanjutnya akan memprioritaskan keberangkatan para jamaah calhaj yang berumur 60 tahun lebih.
“Ini sesuai dengan instruksi dari pusat untuk memberikan kesempatan para orang tua yang usianya melebihi 60 tahun berangkat menunaikan ibadah haji. Sedangkan yang di bawah 60 tahun tetap sesuai dengan kuota haji yang didapatkan Jateng selama ini, yaitu sebanyak 29.657 orang,” paparnya.
Disinggung tentang adanya sejumlah calhaj yang hingga kini masih saja belum melunasi biaya haji yang ditetapkan, Imam menjelaskan, untuk hal tersebut semuanya dikembalikan ke pusat.
“Soal kuota haji itu kan kewenangan pusat, termasuk jika ada calhaj yang belum melunasi akan diserahkan sepenuhnya kepada pusat, dan dianggap mengundurkan diri. Ini juga terjadi di provinsi lain,” bebernya.
Dirinya menambahkan, nantinya kuota haji provinsi seluruh Indonesia yang kosong karena adanya calhaj yang belum membayar tersebut digabungkan secara nasional.Kemudian Kementerian Agama mengembalikan kembali ke masing-masing daerah dengan jumlah kuota bervariasi.
Untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang ditetapkan pemerintah tahun ini adalah sebesar Rp 30.737.000. Dengan tambahan kuota 440 orang, pelunasan pembayaran diberikan waktu selama enam hari, mulai dari Rabu (14/9) kemarin hingga Selasa (19/9).
“Untuk persiapannya kami benar-benar telah menyiapkan segalanya, mulai dari tempat di Wisma Haji Donohudan Solo hingga keberangkatannya. Adapun jadwalnya, kelompok terbang pertama akan mulai memasuki embarkasi Donohudan pada 1 Oktober dan akan terbang perdana ke tanah suci pada 2 Oktober,” jelasnya. [mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER