Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 8 Juli 2015 | 11:41 WIB
Hide Ads

Dishub Jamin Kelayakan Kapal Penumpang di Sultra

Oleh : Harian Media Sultra | Kamis, 15 September 2011 | 18:45 WIB

Berita Terkait

Dishub Jamin Kelayakan Kapal Penumpang di Sultra
inilah.com



INILAH.COM, Kendari - Dinas Pehubungan (Dishub) Sultra menjamin kelayakan seluruh kapal penumpang jenis ferry di Sultra.



Menurut Kepala Dishub Sultra, Burhanuddin, tujuh kapal ferry yang tersebar diseluruh pelabuhan penyeberangan Sultra, masih dalam kondisi baik.



"Di luar ferry Kolaka-Bajoe, Kolut-Siwa dan Tondasi-Dira, karena itu adalah wewenang pusat, "terang Burhanuddin saat ditemui di kantornya, Kamis (15/9).



Tujuh kapal ferry yang dimaksud adalah, satu unit di pelabuhan Wawonii-Kendari, dua unit dipelabuhan Torobulu-Tampo, dua uni Wara-Baubau, satu unit Dongkala-Mawasangka, dan satau unit Kamaru-Wanci.



Ia menjelaskan, setiap tahun, seluruh ferry yang beroperasi di Sultra secara rutin melakukan docking (pemeriksaan kelayakan) di galangan kapal PT. IKI Makassar.



Sehingga, kendatipun ada beberapa kapal yang telah mencapai usia 10 tahun, namun secara teknis kapal-kapal tersebut masih memenuhi standar maintenance (perawatan kapal).



"Jadi setiap tahun kapal-kapal itu di docking, dan periksa secara ultrasonic untuk mendeteksi ketebalan plat kapal di bawah air, "ujarnya.



Menanggapi pernyataan salah satu anggota Komisi III DPRD Sultra
yang menyoroti kinerja Dishub Sultra terkait tenggelamnya KM. Windu Karsa di Kolaka beberapa waktu lalu, Kadis mengatakan bahwa yanag beratanggungjawab atas musibah naas itu adalah pihak pelabuhan Bajoe, Syah Bandar, dan Dishub Sulsel.



Sebab, pada saat kejadian, kapal Windu Karsa berada dalam posisi berlayar dari pelabuhan Bajoe menuju Kolaka.

"Itupun kalau penyebab tenggelamnya kapal karena dugaan kebocoran kapal di bawah air berarti bukan tanggungjawab Syah Bandar, tapi tanggungjawab menejemen kapal," paparnya. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x