Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 16:14 WIB

Inilah Jati Diri Iwan Piliang Pembidik Nazaruddin

Oleh : Laela Zahra | Senin, 1 Agustus 2011 | 02:30 WIB
Inilah Jati Diri Iwan Piliang Pembidik Nazaruddin
MI/cs
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketika Negara tengah sibuk memburu Muhammad Nazaruddin, ada seorang citizen reporter yang mampu menemukan Nazaruddin dalam suara dan gambar.

Penemu Nazaruddin itu adalah Iwan Piliang yang mengaku seorang masyarakat biasa yang giat melakukan reportase berita melalui media internet, blog.

Siapa sebenarnya Iwan, dan apa profesi Iwan hingga mampu menemukan buronan Komisi Pemberantasan Korupsi itu?

"Saya pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Demokrat selama tiga edisi," kata Iwan dalam acara dialog di Tv One, Minggu (31/7/2011) malam.

Dia mengaku pernah memimpin redaksi majalah internal Partai Demokrat selama tiga edisi bulanan, dan mengenal dekat elit politik partai penguasa ini.

"Saya pernah mewawancarai Ibu Ani (Yudhoyono, Red), dan itu saya tuliskan di Majalah Demokrat," katanya.

Iwan pun mengaku berhubungan dekat dengan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin.

Kedekatan itulah yang dimanfaatkan Iwan untuk menjalin komunikasi dengan tersangka kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games.

Iwan berhasil menemukan Nazar dan mewawancarainya dalam bentuk suara dan gambar, melalui layanan komunikasi bergambar jarak jauh via internet, Skype.

Di situ Iwan juga berhasil melakukan wawancara dengan Nazar tentang permasalahan partai tersebut, dan kemudian hasil wawancara itu ditayangkan secara berulang oleh Stasiun Televisi Swasta Metro Tv. [lal]

Komentar

x