Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 19:49 WIB

Selalu Kontroversial, Siapa Marzuki Sebenarnya?

Oleh : Haris Supriyanto | Sabtu, 30 Juli 2011 | 21:17 WIB
Selalu Kontroversial, Siapa Marzuki Sebenarnya?
Marzuki Alie - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Marzuki Alie, tak hanya pernyataan-pernyataannya yang sering menimbulkan kontroversi. Tetapi, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat itu juga sosok yang cukup kontroversial dalam sejarah perjalanannya menuju kursi pimpinan DPR.

Sebelum bergabung dengan partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Presiden RI, Marzuki juga sempat ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus PT Semen Baturaja, Sumatera Selatan. Kala itu ia masih menjabat Direktur Komersial di salah satu perusahaan BUMN tersebut.

Alumnus Fakultas Ekonomi , Universitas Sriwijaya (UNSRI) itu pernah ditetapkan sebagai tersangka sesuai dengan surat panggilan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan tertanggal 27 Juli 2004 dengan nomor surat panggilan 241/2004. Pemanggilan sebagai tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan Kejati Sumsel No Print/139/N.6/F 1703/2004 tertanggal 3 Maret 2004.

Namun entah apa yang terjadi, tiba-tiba kasus itu beku hingga meloloskan Marzuki dari ancaman seumur hidup dibalik jeruji besi.

Bahkan, beberapa bulan kemudian, ia dipilih Presiden SBY untuk menduduki pimpinan DPR sebagai Ketua DPR periode 2009-2014, yang kala itu menjadi wewenang partai Demokrat sebagai partai pemenang pemilu.(ndr)

Komentar

x