Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 17:58 WIB

Jimly: DPR Jangan Fokus pada Surat Palsu MK

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 17 Juli 2011 | 23:25 WIB
Jimly: DPR Jangan Fokus pada Surat Palsu MK
Jimly Asshiddiqie - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Ketua Makhamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menilai, jika kinerja Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu DPR hanya buang-buang waktu jika hanya mengurusi kasus surat palsu MK. Sebab yang terpenting untuk dibongkar dalam kasus itu yakni mafia pemilu dalam pemilu 2009 kemarin.

"Saya kira kalau cuma ngurusi surat palsu lucu, apalagi surat palsu itu sudah masuk ke ranah hukum dan sudah ditangani polisi," kata Jimly kepada wartawan di sela-sela acara pembacaan puisi, di Kemang Utara, Selatan, Minggu (17/7/2011).

Menurutnya, pokok permasalahan yang semestinya diungkap oleh Panja Mafia pemilu saat ini yakni kecenderngan campurtangannya mafia pemilu dalam penyelenggaraan pemilu 2009 kemarin.

"Jadi mestinya panja itu menjadi penting kalau melihat konteks politik dari surat palsu, jadi yang harus diungkap mafianya bukan surat palsunya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jimly mengatakan, seharusnya DPR sebagai lembaga yang mewakili masyarakat Indonesia bisa membongkar seluruh dugaan kecurangan yang terjadi di pemilu 2009 kemarin. Sebab pada pelaksanaan pemilu 2009 kemarin dinilai Jimly sebagai pemilu yang banyak terjadi pelanggaran.

"Karena mafianya itu mulai dari 2009 tahun lalu, semua persepsi masyarakat tentang mafia itu diperiksa, mesti ditelusuri baru ditemukan indikasinya biar nanti dilanjutkan oleh penegak hukum, jadi jangan larut hanya kepada surat palsu," ungkapnya.

Komentar

x