Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:04 WIB

Gatot Abdullah Mansyur

TKI Ditangkap Gara-gara Pacaran

Selasa, 5 Juli 2011 | 00:14 WIB
TKI Ditangkap Gara-gara Pacaran
Gatot Abdullah Mansyur - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Minimnya pengetahuan terhadap budaya di Arab Saudi seringkali menjadi penyebab TKI mengalami masalah hukum. Salah satunya gara-gara berpacaran.

Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur mengatakan, sebagian besar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah di Arab Saudi tersangkut kasus asusila. "Ada kasus kecil-kecilan, misalnya berduaan laki dan perempuan," papar Gatot Abdulah, di Jakarta, Senin (4/7/2011).

"Banyak WNI yang kurang tahu kultur Arab Saudi," tambah Dubes RI Arab Saudi itu. Ia melanjutkan, banyak WNI di Arab Saudi yang ditangkap petugas karena kedapatan sedang asyik berjalan atau pacaran. Kemudian mereka ketahuan oleh polisi agama. Setelah diperiksa diketahui mereka tidak mempunyai surat nikah. "Hukumannya bisa 3 atau 4 bulan penjara," imbuhnya.

Karena itu, lanjut Gatot Abdullah, pihak Kedubes RI di Arab Saudi selalu berupaya memberikan pengertian dan bimbingan kepada para TKI. Bimbingan itu diberikan dua minggu sekali di tempat berkumpulnya para WNI.

Ia mengakui banya juga warga Arab sendiri yang tertangkap karena ketahuan berduaan. "Tidak semua WNI berkelakuan seperti itu di Arab Saudi." Menurut Gatot, hukuman asusila di negara tersebut cukup keras dibanding Indonesia. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x