Minggu, 20 April 2014 | 00:02 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Laporan Keuangan Polri Terbaik di Pemerintahan
Headline
IST
Oleh: Windi Widia Ningsih
nasional - Selasa, 14 Juni 2011 | 16:21 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memberikan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan paragraf penjelasan untuk laporan keuangan Polri 2010. Penilaian ini merupakan yang terbaik di antara instansi pemerintah lainnya.

"Pada 2008 Polri masih disclaimer (Tidak Menyatakan Pendapat), 2009 langsung naik Wajar Tanpa Pengecualian dengan paragraf penjelasan (WPP DPP) naik dua tingkat, 2010 Polri ternyata tetap mepertahankan WPP. Ini penghargaan yang paling tinggi," kata Ketua BPK Hadi Purnomo saat penyampaian hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Polri tahun 2010, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/6/2011).

Maksud penilaian dengan paragraf penjelasan karena adanya sedikit masalah pencatatan soal penerimaan negara bukan pajak dalam laporan keuangan. "Tidak mudah mencapai yang tertinggi dan tidak mudah mempertahankan yang tertinggi, kecuali dengan komitmen dari pemimpinnya," ujarnya.

Hadi juga menambahkan pada umumnya instansi setingkat polri masih belum mencapai WPP. Seperti Kejaksaan Agung masih WDP (wajar dengan penjelasan), Departeman Kesehatan dan Departemen Pendidikan masih disclaimer.

"Walaupun bapak-bapak kerjaannya hanya menembak dan menangkap tapi untuk tata kelola keuangannya bapak-bapak lebih dari pada yang lain. Mudah-mudahan dipertahankan," paparnya.

BPK mengadopsi empat penilaian untuk hasil audit laporan keuangan. Yakni yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Menyatakan Pendapat (TMP), dan yang paling rendah Tidak Wajar (TW). [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER