Sabtu, 25 Oktober 2014 | 03:30 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Gempa Blitar Terasa Hingga Malang
Headline
bmkg
Oleh:
nasional - Selasa, 17 Mei 2011 | 14:33 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Malang - Gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang kawasan Blitar, Selasa (17/5/2011) pagi ini. Getaran gempa terasa mulai dari Kecamatan Kepanjen, Sumberpucung, hingga di pesisir Malang Selatan, Gedangan, Sumbermanjing Wetan dan Kecamatan Bantur.

Menurut Kepala Teknisi Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, Agus Purwanto, Selasa (17/5/2011) siang pada wartawan mengatakan, titik gempa berada di Pantai Jolosutro, Blitar. Dari catatan stasiun geofisika, kekuatan gempa mencapai 6,1 skala richter.

"Gempa terjadi pagi tadi. Kekuatannya 6,1 skala richter. Namun, tidak berbahaya dan juga tidak mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi atau tsunami," paparnya.

Menurut Agus, alat Broadband Libra Single Station mencatat gempa terjadi Selasa 17 Mei 2011 pada pukul 07.14.58.0 WIB. Lokasi gempa, berada [ada koordinat 09.55 LS-112.55 BT pada kedalaman laut 25 KM dengan kekuatan 6,1 skala richter.

Sedangkan pusat gempa hari ini, berada di laut 170 KM Tenggara Blitar/156 KM Selatan Karangkates. Akibat dampak gempa ini, getaran kuat dirasakan warga Karangkates mulai Sumberpucung, Kepanjen dan sebagian wilayah Gondanglegi. Namun, gempa terkuat dirasakan warga pesisir Malang Selatan.

Sementara itu, di wilayah Malang Selatan bagian pesisir, kondisi ombak masih stabil. Hanya saja, saat gempa terjadi, sejumlah warga semburat keluar dari dalam rumah. Getaran yang sangat kuat, membuat lampu penerangan jalan umum bergoyang-goyang sampai 10 detik lamannya.

"Guncangannya sangat kuat. Kami terpaksa keluar rumah karena takut," terang Sawerdi, warga Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. [beritajatim/mah]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
2 Komentar
Andry danish
Selasa, 17 Mei 2011 | 22:42 WIB
Semoga orang orang yang aku sayangi selalu dalam lindungan-NYA
dedi hidayat
Selasa, 17 Mei 2011 | 20:35 WIB
puji syukur kl gak ada korban..saya jg td pagi sempat merasakan getaran pada pkl 07.15 menit posisi saya di wilayah pandaan
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER