Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 27 April 2015 | 07:12 WIB
Hide Ads

Warga Pacitan Temukan Peninggalan Majapahit

Oleh : Laela Zahra | Jumat, 15 April 2011 | 05:00 WIB

Berita Terkait

Warga Pacitan Temukan Peninggalan Majapahit
Ilustrasi Peninggalan Majapahit - IST

INILAH.COM, Madiun - Warga Kabupaten Pacitan menemukan beberapa benda kuno yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit. Barang-barang tersebut ditemukan di Dusun Purwodadi, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.

Barang yang ditemukan tersebut terbuat dari logam, diantaranya cemeti kecil sebanyak lima buah, empat buah keris kecil, 12 buah patung-patung kecil, dua koin besar bertuliskan huruf palawa, patung kerbau dan sekarung uang kuno.

Penemu barang-barang kuno tersebut, Kusnan, mengatakan ia meyakini barang yang ia temukan saat membuat jalan adalah peninggalan kerajaan Majapahit. Ia beralasan dalam barang-barang tersebut terdapat tulisan huruf palawa yang digunakan pada zaman kuno tersebut.

"Benda-benda itu saya temukan di bawah batu saat membuat jalan di tanah keluarga pak Wahid. Benda itu tidak akan saya jual dan saya simpan dirumah saja," ujarnya, Kamis (14/4/2011).

Senada dengan Kusnan, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disbudperpora), Kabupaten Pacitan, Johan Perwiranto, menduga peninggalan bersejarah itu kemungkinan besar berasal dari kerajaan Majapahit.

"Jika dilihat foto dan laporan adan ornamen bunga Wijayakusuma di beberpa barang tersebut, besar kemungkinan hal itu adalah peninggalan Majapahit. Tapi untuk memastikannya besok Sabtu (16/4/2011) saya akan ke lokasi," ujarnya.

Menurut Johan, berdasarkan lokasi penemuan, berdekatan dengan Desa Tremas. Selama ini Desa Tremas merupakan situs sejarah karena diwilayahnya pernah ditemukan benda peninggalan masa Hindu dan Budha. Antara lain berupa Batu Kenong dan Lingga Yoni.

Selain di wilayah Kecamatan Arjosari, lanjut Johan, benda-benda semacam itu juga pernah ditemukan di Watukuro, Desa Watupatok, Kecamatan Bandar serta perlengkapan prajurit kerajaan dibeberapa wilayah di Pacitan barat.[beritajatim/mah]

1 Komentar

Image Komentar
ELLISA LESTARI - Jumat, 15 April 2011 | 05:51 WIB
Wow,kerenzz

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.