Kamis, 24 Juli 2014 | 22:24 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Kehebatan Tempur Denjaka TNI AL
Headline
Foto: IST
Oleh: MA Hailuki
nasional - Kamis, 14 April 2011 | 10:11 WIB
Berita Terkait


INILAH.COM, Jakarta - Wajar saja angkatan laut Amerika Serikat, US NAVY SEAL kerap mengundang Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) untuk ikut latihan tempur bersama. Sebab setiap personil Denjaka memiliki kemampuan tempur paripurna.

Prajurit Denjaka ditutut memiliki kesiapan operasional mobilitas kecepatan, kerahasiaan dan pendadakan yang tertinggi serta medan operasi yang berupa kapal-kapal, instalasi lepas pantai dan daerah pantai. Disamping itu juga memiliki keterampilan mendekati sasaran melalui laut, bawah laut dan vertikal dari udara.

Untuk mendukung operasi personel Denjaka dibekali antara lain submachine gun MP5, Daewoo K7, senapan serbu G36, HK416, Pindad ss-1, CZ-58, senapan mesin ringan Minimi M60, Daewoo K3, serta pistol Beretta dan SIG Sauer 9 mm.

Setiap prajurit Denjaka dipastikan memiliki kemahiran kualifikasi Taifib dan Paska. Selain itu punya kemampuan menembak, lari dan berenang, peningkatan kemampuan bela diri, penguasaan taktis dan teknik penetrasi rahasia, darat, laut dan udara.

Lalu mempunyai penguasaan taktik dan teknik untuk merebut dan menguasai instalasi di laut, kapal, pelabuhan atau pangkalan dan personel yang disandera di objek vital di laut.

Tidak hanya jago tempur, prajurit Denjaka juga memiliki pengetahuan tentang terorisme dan sabotase, penjinakan bahan peledak, dan peningkatan kemampuan survival, pelolosan diri, pengendapan, dan ketahanan interogasi.

Dengan kemampuan tempur yang paripurna ini, Denjaka diyakini mampu membebaskan WNI yang disandera perompak Somalia di kapal MV Sinar Kudus. Kapal berbendera Indonesia MV Sinar Kudus sejak 16 Maret lalu disandera di perairan Aden, Somalia. Kapal yang membawa 20 ABK termasuk Kapten Kapal Slamet Djuari itu disandera dalam perjalanan menuju Laut Merah dengan tujuan akhir Belanda.

Perompak yang menyandera kapal yang juga mengangkut nikel milik PT Aneka Tambang senilai Rp1, 535 triliun itu sudah meminta tebusan bahkan menaikkannya dari semula 2,6 juta dollar Amerika menjadi 3,5 juta dollar Amerika. Perompak sempat menurunkan tuntutan nilai tebusan menjadi 3 juta dollar. Mereka kemudian mengancam akan menaikkan nilai tembusan hingga 9 juta dollar Amerika jika pemerintah Indonesia tidak juga memenuhinya. [wikipedia/mah]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
10 Komentar
MR.dariwan
Kamis, 2 Februari 2012 | 11:47 WIB
MAJU TERUS TNI,KAMI BANGGA PADAMU,,,,,
yudi zulkarnain
Sabtu, 28 Mei 2011 | 12:32 WIB
inilah bangsa indonesia yang jarang pernah menghargai kemampuan bangsanya sendiri, heran kok pasukan khusus perlu laporan sama kita2 kalau berangkat .... udah pada berangkat sejak awal mereka.
DAUD
Kamis, 14 April 2011 | 17:49 WIB
Saya bangga sekali apabila seluruh jajaran TNI " KUAT " Dalam arti kuat persenjataan yang modern,kuat mental dan fisik serta dicintai seluruh lapisan masarakat Indonesia.Saya hanya memohon pada pemerintah RI supaya seluruh " ALUTISTA TNI " Dimodernisasi seluruhnya demi kewibawaan TNI , Supaya TNI secara tidak langsung dapat disegani lawan dan dicintai seluruh lapisan masarakat indonesia. . . . .jaya selamanya untuk TNI demi menjaga keutuhan NKRI
supriyono guru sma HT
Kamis, 14 April 2011 | 13:21 WIB
Kecepatan, ketangkasan, Keselamatan prajurit dan rakyat indonesia lebih diutamakan, dukungan para pemimpin dan rakyat dibutuhkan agar sukses dalam menjalankan tugas negara baik fisik dan non fisik, doa kami menyertai, amin.
yuswan
Kamis, 14 April 2011 | 13:15 WIB
ayo kawan saatnya sudah tiba buktikan dan lumpuhkan bajak laut somalia, saya yakin anda sangat mampu
mumu
Kamis, 14 April 2011 | 12:12 WIB
ojo ngumbar janji ae? buktiin, wis ra usah jaluk sungkem ning pendet lan gudel....
laway
Kamis, 14 April 2011 | 11:49 WIB
kehebatan itu bakal jadi nol besar kl sang pimpinan serba ragu..!
nyoman
Kamis, 14 April 2011 | 11:42 WIB
iya..buktikan kalo hebat jgn teori aja..
imam basuki
Kamis, 14 April 2011 | 11:19 WIB
buktikan
paijo
Kamis, 14 April 2011 | 11:11 WIB
hebat apanyaaaaaaa .....mana buktiknya. jangan cuma sesumbar
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER