Kamis, 21 Agustus 2014 | 21:04 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pejabat Bea Cukai Dituntut 3,5 Tahun
Oleh: Windi Widia Ningsih
nasional - Senin, 13 Juli 2009 | 16:38 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Pejabat Dirjen Bea Cukai Agus Sjafiin Pane dituntut 3 tahun 6 bulan, denda Rp 250 juta dan subsider 6 bulan. Dia terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

"Bahwa terdakwa Agus Sjafii Pane telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Jaksa Penuntut Umum Sarjono Turin saat membaca tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/7).

Menurut Sarjono, hal-hal yang memberatkan Agus dalam persidangan yakni perbuatan Agus yang telah menerima sejumlah uang dari PPJK dalam pengurusan dokumen pemberitahuan impor barang di wilayah kepabeanan Tanjung Priok dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap komitmen pemerintah yang sedang gencar-gencarnya melakukan pemberantasan korupsi.

Selain itu perbuatan Agus dilakukan pada saat pemerintahan di Dirjen Bea Cukai telah melakukan reformasi birokrasi dengan perbaikan penghasilan bagi pegawai negari sipil. Sementara hal-hal yang meringankan adalah Agus bersifat koorperatif di persidangan, mengakui dan menyesali perbuatannya, serta masih memiliki tangunggan keluarga istri dan anak.

Sebelumnya Agus selaku Pejabat Pemeriksa Fisik Dokumen Jalur Hijau pada KPU-DJBC telah menerima dan meminta imbalan berupa uang untuk mempelancar arus barang di kantor Bea Cukai Tanjung Priok.

Atas perbuatannya, Agus dikenakan pasal 11 UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 31/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 jo pasal 65 KUHP. [win/sss]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER