Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 1 April 2015 | 01:05 WIB
Hide Ads

Pesawat Tempur F-16 Hibah Terbaik di Kelasnya

Oleh : Agus Rahmat | Selasa, 15 Februari 2011 | 18:31 WIB

Berita Terkait

Pesawat Tempur F-16 Hibah Terbaik di Kelasnya
Pengamat dirgantara Dudi Sudibyo - foto: istimewa

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat dirgantara Dudi Sudibyo menilai pesawat temput F-16 A/B Fighting Falcon adalah yang terbaik di kelasnya.

Jika dibandingkan dengan pesawat tempur jenis Sukhoi buatan Rusia, pesawat F-16 memiliki kehebatan yang tak kalah jauh.

"Dua-duanya sama hebatnya. Cuma beda kelas, yang ini (pesawat hibah, red) punya 2 engine yang lebih besar," ujar Dudi kepada INILAH.COM, Selasa (15/2/2011).

Dijelaskannya, pesawat baik Sukoi maupun F-16 memiliki kelebihan masing-masing. Dia tidak menjelaskan kelebihan dari kedua jenis pesawat ini. "Punya kelebihan masing-masing," katanya.

Lebih lanjut, baik Sukoi maupun F-16 adalah yang terhebat. Namun, dia enggan mebanding-bandingkan antara keduanya. "Terbaik di kelasnya sendiri-sendiri. Masing-masing punya kelas," tuturnya.

Seperti diberitakan, TNI telah mendapatkan 2 skuadron pesawat tempur jenis F-16A/B Fighting Falcon dari hibah pemerintah Amerika Serikat. Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengemukakan, pertimbangan TNI menerima hibah dua skuadron F-16A/B Fighting Falcon itu dikarenakan lebih efektif dan efisien jika membeli enam pesawat sejenis yang baru. [mah]

1 Komentar

Image Komentar
ZULU21 - Rabu, 16 Februari 2011 | 13:05 WIB
Membandingkan f-16 dengan sukhoi jenis apa..?? sukhoi 27 skm dibuat russia untuk menandingi f/a 18 super hornet as. dengan tingkat manuver yang mematikan serta dilengkapi radar yang canggih. dari segi kemampuan dogfight sukhoi jauh diatas rata rata f-16.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.