Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:01 WIB

Pesawat Lion Air Tergelincir di Pekan Baru

Oleh : Bayu Hermawan | Selasa, 15 Februari 2011 | 02:03 WIB
Pesawat Lion Air Tergelincir di Pekan Baru
foto: istimewa
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0392 tujuan Jakarta - Pekan Baru tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekan Baru. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pesawat Lion Air yang mengangkut sekitar 40 penumpang tersebut, tergelincir sekitar pukul 21:30 WIB, Senin (14/2/2011). Diduga pesawat tergelincir karena kondisi landasan yang basah, sehingga pesawat melakukan pendaratan darurat di run way.

Akibatnya pesawat berhenti dengan posisi kepala pesawat ke arah barat laut, sementara sebagian badan pesawat sudah keluar dari landasan pacu. Menurut Beni, salah seorang penumpang pesawat mengatakan sebelum mendarat pesawat sempat berputar di atas bandara sekitar 25 menit.

"Sebelum pilot memutuskan mendarat, pesawat sempat berputar-putar di atas bandara selama 25 menit. Sebelumnya pramugari juga sudah memberitahu kalau cuaca buruk dan jarak pandang terbatas, sehingga kami diminta mengenakan sabuk pengaman," ucap warga Sukajadi, Pekanbaru itu.

Beni mengatakan saat pesawat terpaksa mendarat darurat, penumpang yang ada didalam pesawat sempat panik. "Di dalam pesawat sempat panik penumpang, karena goncangannya terasa sekali. Dan setelah pesawat mendarat, sebagian penumpang yang takut langsung berdesakan keluar, karena pintu keluar hanya ada satu di bagian depan pesawat," katanya.

Meski mengalami pendaratan darurat, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Penumpang pesawat Lion Air JT 0392 akhirnya dievakuasi dengan mengunakan bus. "Tidak ada korban jiwa, kita juga bersyukur pilot bisa mengendalikan pesawat dengan baik, andai saja tidak mungkin sudah ada korban jiwa," tutup Beni.

Akibat pendaratan darurat ini, pesawat Lion Air tujuan Jakarta - Pekan Baru, mengalami patah pada bagian roda kanan. Hingga saat ini pihak Lion Air belum bisa dihubungi untuk memberikan keterangan resmi.

Komentar

 
x